Athematic terbentuk sekitar tahun 2010. Sebelum berdiri dengan nama tersebut, saya sudah mengenal mereka dengan nama Anack Kuman. Personil Anack Kuman ialah Katak (Vocal), Wiwid (Guitar), Bobid (Drum)  dan Marx (Bass). Anack Kuman mengusung genre Rock, mereka mulai berdiri di tahun 2005 (Masih di bangku SMP). Lantas dengan perubahan nama menjadi Athematic,
maka genre band tersebut menjadi Death Metal dan personilnya tambah satu orang pada Guitar 2. Wiko namanya.

Saya pertama kali kenal dengan mereka karena sang Drumer (Bobid) adalah satu kelas dengan saya, dan kebetulan lagi dari kelas satu hingga lulus sekolah sebangku dengan dia.

Athematic kini seudah menelorkan 4 lagu, diantaranya Eksplorasi Penyesalan, Jeruji Besi, Labirin Hitam dan Muntah Darah.

 

Berikut adalah wawancara saya dengan Katak Jahanam (Vocalis) melalui pesan Facebook.

 

Bagaimana awal mula terbentuknya Athematic, seingatku dulu namanya Anack Kuman, ketika masih di sekolah?

Iya Athematic itu nama terakhir dan kita sepakat bakal pakai nama itu, Athematic berawal dari dulu waktu kita jaman smp sudah ngeband jadi satu, dulu sih genrenya masih rock gitu. Iya dulu namanya itu (Anack Kuman – read) tapi setelah terjadi peralihan personil juga terus jadi Athematic.

Terus sekarang personilnya siapa aja bro?

Dulu awal terbentuk Athematic itu personilnya 4 orang, saya (Katak) di vocal, Wiwid di gitar, Bobid di drum, dan Marx di bass, tapi sekarang personil kita tambah satu orang lagi yang menjadi pelengkap yaitu Wiko di gitar 2 bos.

Kapan mulai ganti namanya?

Waduh kalo tepatnya kapan aku lupa mas. Coba sampean lihat di fanpage Athematic mungkin ada mas. (Setelah saya check ke fans page Athematic kemungkinan pergantian nama itu sekitar akhir tahun 2010).

Selanjutnya, pas jaman SMP kan main di rock. Untuk Athematic sekarang genrenya apa? Dan terinfluence dengan band apa?

Sekarang gerne yang diusung itu Death Metal dan kita sepakat nama Athematic dan genre Death Metal itu bakal kita pakai terus. Kalo masalah influence sih setiap personil Athematic beda-beda bos, kalo saya sendiri sih lebih condong ke Dying Fetus.

Athematic sudah mengeluarkan album atau mini album?

Kalo untuk album sih belum, baru ada 4 single yang udah kita keluarin, dan doain aja cepet mini album bos.

Aminn, semoga lekas release mini album. Dari 4 lagu itu, syair / lirik kebanyakan menceritakan tentang apa? Dan dapat inspirasi darimana?

Amin bos, kalo masalah lirik di setiap lagu itu beda makna masing-masing. Tapi masih tetap satu jalur, itu cuma menceritakan soal kejadian di sekitar kita yang mungkin terjadi di setiap harinya. Kalo inspirasi itu yah langsung aja ada gitu bos. Itu kalo temen-temen jeli sebenernya dari single lagu ke single lagu lainnya itu saling terkait kayak cerita, cuma di setiap lagu kita jabar(kan) jadi sebuah lirik lagu.

Menurutmu bagaimana geliat musik metal di Indonesia, dan juga khususnya di kota Ngawi?

Kalo masalah gerakan music Metal di Indonesia itu udah gak perlu diragukan lagi karena sekarang udah banyak Metalhead yang keren dan banyak yang ngeluarin karya yang keren juga. Kalo di Ngawi sendiri sih udah keren juga bisa jadi satu dalam satu wadah yaitu NCG (Ngawi Corpse Grinder) di situ genre music yang berbau distorsi jadi satu.

Apa rencana ke depan untuk Athematic, selain mau ngeluarin mini album?

Yah paling bakalan menyibukkan diri dengan materi lagu baru bos, tapi ini masih nunggu temen-temen soale sebagian ada yang repot skripsi jadi gak bisa diganggu dulu.

Terakhir bro, Apa pesan Athematic untuk metalhead di Indonesia dan Ngawi?

Kalo dari kita sih yah bisa tetep jadi satu pergerakan meskipun berbeda genre, asal, tetep selalu totalitas dan konsisten. Dan tetep berkarya hingga tua, jadi bisa selalu berkembang terus.

***

Jika anda ingin mengontak Athematic bisa langsung menuju ke fans page Facebooknya. Atau bisa langsung menghubungi personilnya.

Wiwid  BBm 73DB4381 / 085697454537

Katak BBm 31720E16 / 081914810322

Fanspage Facebook  : Athematic Official Fanspage Facebook

Download single       : Eksplorasi Penyesalan , Jeruji Besi dan Labirin Hitam

Sumber foto dari Athematic Official.

SHARE
Founder Setara Network | Blogger | Writer | Social Media Enthusiast