Sebagai pembukaan, Dandy and Kozmic Blues adalah salah satu band dari Ngawi. Bisa dikatakan mereka adalah satu-satunya band produk Ngawi yang mengusung genre musik blues. Berbeda dengan kebanyakan band-band Ngawi yang membawakan genre metal beserta sub genrenya. Dandy and Kozmic Blues lahir dengan niat menyebarkan virus blues kepada khalayak umum. Terlebih kepada Ngawi dan kota-kota sekitarnya. Bahwa Ngawi punya band blues, dan sangat keren.

Berikut ini sedikit wawancara saya dengan sang pendiri band blues ini, Bung Dandy Prasetyo W.

***

Dandy and Kozmic Blues, itu siapa saja anggotanya? Dan kapan terbentuknya?

Gitar/ slide gitar/ harmonika/ vocal : Dandy, Eko “kodok” : bass, dan Adi “mbah yenx” : drum. Awal terbentuk 12 februari 2012, itu pertama kali perform dengan format trio blues di acara rocknight 8 di Inlounge Madiun.

 

Sebelumnya berarti masing-masing personil solo atau bagaimana? atau gabungan dari band lain?

Aku dulu cuma gitaris di band “The blues making love”. Band yang bawain lagu-lagu klasik rock seperti Led Zeppelin dan Deep Purple, Karena vocalis bandnya hijrah bersama kelurganya ke Sumatra, akhirnya aku bikin proyek idealisku yang pinginnya bisa membawa nuansa musik blues. Ya, Dandy & Kozmic Blues ini.

Lantas, apakah latar belakang dari para personil memang sudah lama bermain di blues, atau sejak terbentuknya band ini saja?

Sudah banyak sekali teman-teman bassis & drummer yang membantu saya ngeblues. Mereka semua (bassis & drummer) latar belakangnya dari berbagai genre dan mereka semua support aku dengan main musik blues.

Kenapa memilih blues?

Karena influence musik yang sering saya dengar waktu kecil, almarhum ayah saya sering memutar kaset lagu-lagu dari Rolling Stones, The Beatles, CCR (Cleardence Clearwater Revival). Pokoknya lagu-lagu oldschool tahun 60-70an.  Dulu aku juga mainin lagu-lagu Metallica, Megadeth, Red Hot Chilli Pepper sampai Limp Bizkit. Tapi begitu denger / mainin dan belajar tentang musik blues, menurutku musik blues lebih pas dengan aku, karena musik blues bukan sekedar genre tapi banyak filosofi hidup yang bermakna tentang musik blues.

Berarti sedari kecil sudah masuk ke dunia blues? Apakah blues telah merubah hidup anda? Misal attitude, style dan lain sebagainya.

Kalo merubah hidup tidak, karena hidup itu proses. Kalo membawa influence iya.

Untuk di Ngawi sendiri, seakan masih jarang yang memainkan jenis musik ini (blues). Bagaimana band ini menyikapinya?

Kalo di Ngawi mungkin baru band saya yang mainin musik blues. Prinsip saya cuma do what you love and love what you do.

Kemudian, untuk influence sendiri, selain band-band yang disebutin di atas. Band apa yang paling berpengaruh untuk Dandy and Kozmic Blues hingga menjadi seperti sekarang?

Jimi hendrix, Stevie ray vaughan, Eric clapton, dan Albert king.

Sudah mengeluarkan album atau EP? Saya lihat di fanpage facebook lagu-lagunya sudah banyak.

Tahun 2012 saya bikin mini album “For the Love of Blues”.  Di situ saya vocal, gitar & bass dibantu sepupu saya Jab & Nopex Wob untuk drum, berisi 5 lagu, 1 lagu saya record di Brit studio, 4 lagu di Wob studio. Tahun 2013 saya bikin repackage dari mini album dengan tambahan 4 lagu akustik slide blues (live recording di brit) dengan judul album “I Choose My Blues”. Kemudian ada beberapa lagu/ demo lainnya yang kasar dan ada lagu instrumental blues “Blues for Heaven” yang ada di album kompilasi Guitar Battle #1 dari Whiplash record, dan 1 lagu lagi tahun 2015 “Boleh ngeblues nggak ma” di album kompilasi indie Ngawi Ramah di 46 record. Semuanya bisa search aja di souncloud atau reverbnation.

Iya saya sudah mendengarkan. Dan hampir kebanyakan liriknya memakai bahasa inggris, siapa yang membuat lirik dan lagu-lagunya?

Semua lagu saya sendiri yang membuat lirik serta aransemen dasarnya.

Untuk lagunya sendiri, menceritakan apa saja sih atau apa yang diangkat dari band ini?

Banyak cerita tentang keseharian. Macem-macem pokoknya.

Lantas, gimana sambutan Ngawi pada khususnya dan umumnya kota-kota sekitar atas lahirnya Dandy and Kozmic Blues?

Alhamdulillah. Untuk Ngawi & Madiun, 2 kota dimana kita sering perform bahkan ketika saya & teman-teman mendapat kesempatan ngeblues di Bandung, Bali & Malang sambutannya sangat luar biasa menurut kami untuk ukuran band blues kecil  dari kota Ngawi ini.

Paling jauh main di mana? Dan selama 4 tahun, gig dimana yang paling berkesan buat Dandy and Kozmic Blues? Kenapa?

Paling jauh kita perform di acara Sundown blues battle festival di Nusa dua festival di Bali. Paling berkesan karena kita semua belum pernah ke pulau dewata hehehe. Kita bisa perform di Bali karena saya dapat info dari  facebook bahwa panitia Bali blues festival memberi kesempatan kepada semua band-band blues di Indonesia untuk menjadi band pembuka di acara Bali International Blues Festival 2016 melalui seleksi. Seleksi dilakukan melalui video live waktu perform atau waktu latihan. Iseng-iseng waktu latihan di Smile music studio kita record video, upload ke youtube & link kita kirim melalui inbox facebook di fanpage bali blues festival . Akhirnya terpilih 9 band, 4 band dari Bali, lalu 4 band dari Jakarta dan sekitarnya, dan 1 band dari Ngawi. Dan alhamdulillah di acara Bali international blues festival tahun 2016 ini, kita diberi kesempatan untuk perform sebagai salah satu band pembuka. Inshaa Allah kita berangkat lagi ke Bali buat ngeblues lagi.

Kemudian, adakah acara ngeblues bareng bersama sesama komunitas di kota-kota lain?

Ada mas. Tahun 2013 kita perform di acara blues in the art #2 di Bandung & yang terakhir 12 desember 2015 kita perform di acara decemblues in harmony #2 / blues overland 2015 di Malang.

Selama hampir berjalan 4 tahun, apa yang menjadi atau kendala utama dalam band ini?

Kendala utama dari awal saya bikin proyek idealis ini adalah menemukan teman (bassis & drumer) yang punya visi & misi yang sama denganku yaitu punya keinginan sama-sama belajar ngeblues sama aku. Dan aku pinginnya teman dari Ngawi karena pingin banyak orang tahu bahwa ada band blues dari Ngawi. Alhamdulillah mulai awal 2015 semua personil dari Ngawi.

Apa yang sedang dikerjakan akhir-akhir ini? Mempersiapkan album baru mungkin.

Kita lagi santai-santai jamming di studio. Nambah materi lagu sebanyak- banyaknya buat nambah chemistry baru karena awal desember kita dapet teman drummer baru yaitu Adi “mbah yenx’. Perlu banyak jamming biar lebih berasa soul bluesnya. Persiapan juga buat Bali International Blues Festival tahun 2016 ini. Biar lebih ngeblues lagi nuansanya.

Rencana ke depannya apa mas?

Rencana ke depan tetep ngeblues & menyebarkan virus cinta musik blues.

Ada Pesen untuk generasi Ngawi mas? Terutama di bidang musik.

Terus mainkan alat musikmu tanpa henti. Jangan pernah menyerah untuk belajar bermain musik. Mainkan musikmu dengan hatimu.

Oke mas, saya rasa udah cukup dan dapat ilmu yang banyak. Wes malem juga ga enak ganggu sampean. Ada yang perlu ditambahin lagi gak mas?

Udah gak ada kayaknya mas. Thanks juga buat interviewnya.

dandy and cozmic blues 2

dandy and cozmic blues
Dandy and Kozmic Blues “I Choose my blues”

 

Dandy and Kozmic Blues

CP : Dandy Prasetyo W

08123170216 / 7FB43CB6

Facebook

Reverbnation

Soundcloud

Youtube

Untuk mendengarkan lagu-lagunya bisa di Reverbnationnya, atau bisa download dua lagu yang berjudul “Blues Pukul Tujuh” dan “Kissed Another Woman” di sini.

SHARE
Founder Setara Network | Blogger | Writer | Social Media Enthusiast