Ngawiramah – Japanese Rock atau bisa disebut dengan J-Rock adalah jenis musik yang berasal dari negara Jepang. Contoh band dari jenis musik ini adalah L’arc en ciel, One Oke Rock, The Gazette dan masih banyak lagi. Untuk di Indonesia sendiri salah satu contohnya adalah J-Rocks.

Saya masih awam dengan jenis musik ini, bukannya asing atau apa. Jika saya ingin menulis banyak tentang genre ini, takutnya salah atau ngawur.

Di Ngawi sendiri, ada salah satu band yang mengusung genre J-Rock. Namanya Harazynd. Berikut ini adalah sedikit info tentang Harazynd, yang saya dapat dari gitaris serta pendiri bandnya. Bela Karimadha.

Apa itu Harazynd, dan kapan terbentuknya?
Harazynd terbentuk tahun 2011, sebelumnya kami memakai nama The Battle of Soul. Dulu masih mengusung lagu-lagu manca, classic rock. Dengan personil saya (Bela) di Gitar, Aris Andri – Vokal, Yunuz Al Ayubi – Gitar, Indra Yulianes – Drum dan Robert di Bass.
Kami sempat membuat single song “Kau Impianku” dan “Kau Sahabatku”. Karena ada perbedaan genre yang ingin dibawa masing-masing personil. Kemudian hanya tersisia tiga personil, yaitu saya, Yunuz dan Aris. Nah itu masih di tahun 2011 dan sempat juga menghasilkan lagu yang berjudul Kenangan Manis dan Ingatlah Aku.
Karena kita bertiga suka lagu Japan, nama band saya ganti menjadi Harazynd singkatan dari Harajuku Zyndrom. Dengan menambahkan personil Mbajeng Dewa Putra (Bass). Di tahun 2012 para personil keluar kota karena pekerjaan. Tinggal saya sendiri. Dan saya mencari personil baru lagi sampai sekarang dengan formasi saya (Bela- red) – Lead Vocal guitar, Wahid Teguh Nugraha – Gitar, Rendy Maulana – Bass dan Muhammad Yusuf Bachtiar pada Drum.
Formasi ini kita menghasilkan single yang berjudul “Untuk Sebuah Impian”. Karena pekerjaan lagi, yang tersisa adalah saya, Yusuf, dan Rendy. Untuk sementara waktu ketika latihan dan event kami menggunakan additional gitar bro.

Berarti Harazynd mengusung J-Rock ya? Kenapa memilih J-Rock? Kok gak Pop, Metal dan lainnya.
Iya bro, J-Rock, J-Pop, & V-Key juga. Kenapa memilih genre itu karena saya sendiri menyukai genre tersebut. Karena musiknya bebas dan setiap personil bisa memainkan musik secara makssimal karena tehnik musik jepang sendiri menonjolkan semua skill personil. Dan tidak hanya vokalis atau gitaris. Dan mungkin karena kita sehati bro. Hahaha Meski kami suka musik japan, tapi kami membuat lagu tetap dengan lirik Indonesia.

Apa sih yang membedakan musik jepang dengan yang lainnya?
Sebenarnya hampir sama, dikatakan J-pop itu adalh gaya pop yang dimainkan oleh band japan dengan lirik nbahsa japan, dan sedikit sentuhan permainan bebas berimprovisasi setiap instrument dan seperti luar jalur chord yang telah ditentukan. Kalau berbeda dengan musik lainnya, Japan menonjolkan dari segi improvisasi itu bass dan drum juga terasa sangat menonjol di setiap bait dan reff mereka kebanyakan memainkannya berbeda dari yang pertama dan selanjutnya. Bahkan vokal yang berat jadi terasa ringan didengarkan. Dan lebih bersemangat juga.
Kalau dikatakan berbeda tidak juga, karena inti dari musik itu sendiri banyak ditemukan dari Britaniadan Amerika. King guitar blouse Jimi Hendrix, King of Pop Michael Jackson, King of Rock Elvys. Semua mengekplorasi dari tahun ke tahun. Tapi tetap semua dari negara barat.

Di Ngawi sendiri bagaimana bro, untuk musik Japan?
Kalau di Ngawi saya rasa belum cukup berkembang. Kalau untuk di Indonesia sudah cukup berkembang banyak. Di setiap kota saya rasa sudah ada genre musik japan. Di Ngawi sendiri saya belum pernah melihat yang membawakan genre jejepangan atau mungkin saya yang terlalu kutu buku.
Setahu saya Ngawi didominasi band metal, hardcore itu. Dan semakin mewabah. 😀 jikapun kami berdandan ala visual kei japan di Ngawi mungkin kami ditertawakan. Haha

Berarti band anda bisa dibilang “melawan arus” ya?
Tidak. 😀 Kami sama sekali tidak membenci musik yang mewabah tersebut. Cuma kami main dengan keyakinan kami sendiri meski menggunakan lirik japan tidak akan menang saat kompetisi karena tidak ada yang “mudeng”. Kami puas dengan kebanggaan kami sendiri.

Untuk di Indonesia kan yang sudah populer mengusung jenis musik ini adalah band J-Rocks. Apakah band kalian meniru J-Rocks? (Band Indonesia-red)
J-Rocks kami suka juga. Kalau meniru mereka mungkin enggak. Cuma kami sedikit mempelajari tentang mereka 😀

Adakah events khusus untuk jenis musik seperti ini di Indonesia atau di Ngawi?
Untuk tempat atau acara khusus band japan ada. Dalam event cosplay yang biasa disebut even J-Fest. Disitu sering melombakan musik khusus dengan wajib bahasa japan atau lagu japan.

Dari tiga lagu yang sudah Harazynd keluarkan, sepertinya saya belum merasakan ada ‘Jepang’-nya deh. Atau saya aja yang merasa.

Iya bro, saya rasa juga belum terasa sama sekali. Karena kami band yang masih kecil dan kepribadian pembuat lagu mungkin berpengaruh dalam musik kami. Untuk lagu yang “Untuk Sebuah Impian” itu sudah sedikit lebih berbeda dari yang lain. Kami akan berusaha agar lebih kesana lagi (genre japan) 😀

Iya bener. Aransment lagu itu udah ada rasanya. Band apa yang sangat mempengaruhi Harazynd?
Dari kami semua “The Gazette”.

Bagaimana untuk Laruku, One Ok Rock apakah termasuk band referensi kalian?
Laruku iya. One ok rock saya sendiri belum tahu banyak. Tapi bassis saya sangat suka dengan band itu. Dan ada satu referensi untuk satu lagu wharever you are. Saya sendiri lebih banyak mengkoleksi lagu ost. Anime dan musisi dari ps company.

Rencana terdekat Harazynd apa?
Sementara ini membuat lagu lagi. untuk mengikuti event mungkin januari Harazynd akan membuka rekrutan untuk di vokal. Karena saya sendiri lebih di gitar. Dan untuk meningkatkan band kami, vokal sangat dibutuhkan cowok.

Berarti posisi vokalis kosong ya?
Sementara saya yang mengisi, tapi bisa dibilang kosong. Jika ada karakter vokal yang kuat dan bisa berpartisipasi saya akan memilih fokus lead gitar. Dan bisa membuat lagu. Karena saya yang membuat semuanya kecuali “ingatlah aku”. Untuk kedepannya saya wajibkan dari personil lain untuk bisa menyumbang lagu juga. Dan sepertinya Gitaris, Bassis, Drummer sudah punya lagu untuk Harazynd.

Tema apakah lagu-lagu Harazynd kedepan?
Mungkin tentang sahabat, dan cinta. Kami juga ada satu lagu lirik bahasa inggris 😀

Wah keren brow, segera release ya. Prestasi yang udah diraih Harazynd apa? Dalam hal lomba band mungkin.
Mungkin belum banyak prestasi, tapi kami sempat juara dua di event kampus ijo 2012 dari 23 peserta. Dan juga juara dua di event yang diadakan di Wonokerto untuk all genre band Ngawi dari 25 peserta di tahun 2014.

Untuk events terdekat Harazynd kapan dan dimana?
Mungkin di event Sragen J Festival bulan Januari 2016 nanti kami diundang. Jika kami tidak terbentur jadwal dari masing-masing personil, kami naik.

Kapan rencana release single atau mini album bro?

Nunggu gitaris satunya itu pulang bro :D. Kami pengennya tetap berempat aku (vokal, gitar), Wahid Teguh Nugraha (Gitar), Rendi (Bass), dan Muhammad Yusuf Bachtiar (Drum). Jika sudah kumpul insaallah release. 😀

Oke bro, semoga segera release yak. Sukses untuk Harazynd dan musik jepang di Ngawi bisa lebih banyak yang menyukai dan banyak penggemarnya. :p. Terima kasih untuk waktunya ya bro 😀
Oke bro.

Tambahan informasi :

Fanspage : Harazynd

Download Single : Disini

CP : Bela Karimadha 0822 5700 6073 , 0838 4540 8834 (WA)

SHARE
Founder Setara Network | Blogger | Writer | Social Media Enthusiast