Buku Manajemen Pelayanan Publik ditulis oleh dosen Universitas Islam Malang pak Hayat dia menurupakan dosen Fakultas Ilmu Administrasi Negara. Jadi buku ini ditulis langsung oleh dosen reviewer sendiri. Buku ini sendiri berisi tentang manajemen pelayaan publik serta dituju buat mahasiswa jurusan administrasi khusunya.

Manajemen pelayanan publik sendiri di sini dijelaskan sebagai proses penerapan ilmu dan seni untuk rencana menyusun, mengimplementasikan, mengoordinasikan agar sebuah organisasi berjalan sesuai tujuan pelayanan yang ditetapkan serta tercapai. Jadi memang di sini penerapan rencana dalam organisasi sangat diperlukan untuk mempermudah pekerjaan dalam konteks pelayanan publik.

Pelayanan publik sendiri merupakan pelayaan dasar dalam penyelengaraan pemerintahan. Jadi di sini pelayanan publik sebagai indikator penting dalam penilaian kinerja pemerintah baik ditingkat pusat maupun daerah. Saya selaku reviewer sangat setuju di sini memang dalam konteks pemerintahan pelayanan publiklah yang menjadi sumber dari segalanya jadi penyelengaraan pelayanan publik akan baik jika masyarakat yang ada di negara tersebut maupun di daerah tersebut puas dengan kinerja dari pemerintah terutama masalah pelayan publik yang ada.

Orientasi kualitas kinerja sumber daya aparatur masih lemah khususnya dalam pelayanan public, serta orientasi pelayanan seharusnya bertumpuh pada aspek kepentingan umum atau kepentingan masyarakat. Jadi menerut reviewer memang benar pelayan public yang ada di Indonesia sendiri masih kurang baik banyak saja oknum-oknum pejabat pelayanan public memanfaatkan keadaan dengan menerima sogokan serta malas membantu orang yang dianggap kelas bawah dan lebih mementingkan kelas atas dan hal inilah yang membuat kinerja pelayanaan public di Indonesia sangat kurang.

Dalam praktik pelayaan public sendiri memang pengaruh politik tidak bisa dihindari dalam penyelengaraan pelayanan publk dan menjadi tantangan kinerja bagi aparatur pelayaan. Paratur sendiri dilarang keras melakukan politik praktis karena sudah diatur dalam undang-undang. Jadi disini reviewer sangat setuju karena sebagai seorang aparat pemerintah tidak boleh berpihak terhadap kubu. Jadi dia harus netral baik dalam pelayan maupun hal-hal yang lain yang berhubungan dengan pemerintaham.

Setiap organisasi mempunyai kerangka dasar untuk melakukan kegiatan organisasi sesuaai dengan tujuan yang diharapkan, ada kepemimpinan sarana dan prasarana sumber daya manusia dan pendanaan. Organisasi adalah batang tubuhnya, sementara manajemen adalah pengeraknya dari batang tubuh organisasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan terus berkembang serta semakin baik. Jadi seluruh komponen organisasi dijalankan berdasarkan sistem yang dibangun.

Optimalisasi pelayanaan public adalah keniscayaan bagi pemerintah dan menjadi cita-cita masyarakat. Tercapainya reformasi birokrasi dan good govermence salah satunya adalah dipengaruhi oleh kualitas pelayaan public yang diberikan secara optimal. Menerut reviewer disini memang negara yang maju dilihat dari sumber pelayaan public yang diberikan oleh pemerintah sendiri.

Beberapa faktor dalam pelayaan public yaitu kepemimpinan, budaya organisasi, kelembagaan, tata kerja, standar pelayanan, pengelolahan pengaduan masyarakat, pengendalian dan evaluasi, sarana dan prasarana,penggunaan teknologi informasi, dan pengelolahan sumber daya manusianya, jadi menurut reviewer disini memang faktor dalam peayaan public harus terlaksana semua berjalan sesuai dengan yang ditetapkan karena jika beberapa faktor pelayanaan public saja yang berjalan hasilnya tidak akan efektif, maka sebaliknya jika semua faktor pelayanaan public berjalan semuanya akan menciptakan pelayanan yang baik dan terciptanya good govermence.

Kinerja melekat dalam diri seseorang atau organisasi dalam menjalankan dan menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang menjadi tanggung jawabnya. Kinerja berorientasi kepadda sebuah hasil yang diharapkan bersama sesuai yang sudah direncanakan untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya penuh tanggung jawab serta hasil yang memuaskan. Jadi menurut reviewer disini kinerja merupakan hasil akhrir yang harus dilakukan dengan sebaik-baiknya dengan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan diawal sebelumnya yang menjadi tujuan.

Dalam pelayanaan yang berkualitas tentunya dilakukan oleh aparatur yang menpunyai kinerja yang professional. Professional kinerja yang dibangun berdasarkan kemampuan dan soft skill yang dimiliki aparatur. Ketika professional dibangun dalam diri aparatur pelayanaan public, yang diikuti oleh pemberian pelayanaan secara optimal dan prima, maka disitulah kinerja pelayanan public tanpak optimal. Reviewer sangat setuju menurut pendapat penulis karena memang professionalitas sangat dibutuhkan dalam pelayaan public tanpa harus memandang apakah orang tersebut dari kalangan bawah maupun atas. Dengan begini dalam pemberiaan pelayaan public akan terciptanya pelayanan yang baik serta optimal maka dari itu professional kinerja dalam pelayanaan public sangat diperlukan. Serta tercapainya target yang ditetapkan tergantung dari komitmen aparatur dalam menjalankan tugasnya. Serta komitmen inilah yang menghantararkan aparatur sebuah kualitas kinerja.

Tatanan pemerintah yang baik adalah memberikan kepuasan dalam bidang pelayanan public, bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme penyelengaraaan pemerintahan yang baik sesuai dengan kepentingan masyarakat dan sistem pengelolahan yang professional. Jadi memang menurut reviewer sendiri bahwa kalau pelayaanan publinya bagus akan memberikan dampak bagi pemerintah itu sendiri.

Review Buku Manajemen Pelayanan Publik oleh Putri Awaliyah

Good govermence sendiri sebagai gools dalam penyelengaraan pemerntahan membutuhkan berbagai dasar dalam pengembangan sistem manajerial instansi pemerintahan, pengelolahan sumber daya manusia, yang komprehensif, kualitas sarana dan prasarana yang memadai sebagai penunjang terhadap kinerja aparatur serta aspek kepemimpinan yang visioner. Tujuan akhir dari sistem pemerintahan adalah good governmencce, yaitu tatanan pemerintah yang baik dalam segala aspek. Jadi disini reviewer sangat setuju bahwa good govermence menjadi tujuan atau pencapaian akhir dari sistem pemerintahan, karena memang tujuan yang hendak dicapai adalah untuk menciptakan pelayaan public yang baik dalam hal sistem pemerintahan.

Jadi menurut reviewer sendiri buku manajemen pelayanaan public, yang ditulis oleh pak hayat ini sangat lengap sekali, karena didalam buku ini membahas tentang konsep fungsi dan tujuan pelayaanaan public, kinerja pelayanaan public, sumber daya aparatur pelayanaan public, reformasi birokrasi pelayanaan public, dan yang terakhir goog governance. Jadi buku ini sangat lengap sekali pembahasanya terutama dalam menganalisis masalah pelayanaan publik sendiri. Dan juga bahasan yang digunakan bagus serta buku ini dapat dijadikan refrensi dalam pembuatan karya tulis serta buat dibaca bagi siapapun terutama bagi mahasiswa jurusan ilmu administrasi negara. Karena dalam buku ini pembahasan mengenai kebijakan pelayanaan public sangat lengkap. Jadi buku manajemen pelayaanan public karya pak hayat (2017) sangat bagus dibaca terutama untuk mengetahui tentang pelayaan publik.

Judul buku: Manajemen Pelayanan Publik
Penulis: Hayat, S.AP., M.Si.
Penerbit: PT Rajagrafindo Persada, Jakarta
Cetakan/hal: Cetakan Pertama/ XVIII ditambah 203 Halaman

SHARE
Seorang mahasiswa Universitas Islam Malang, Fakultas Ilmu Administrasi, jurusan Ilmu Administrasi Negara.