Saat ini belanja online adalah salah satu kegiatan yang umum dilakukan di masyarakat. Jika dulu berbelanja harus datang ke toko atau pasar langsung, kini kita bisa berbelanja dari rumah tanpa capek-capek mendatangi toko satu persatu. Hanya degan beberapa klik saja, kita bisa membeli barang yang kita butuhkan.

Dengan perkembangan tekologi yang semakin maju, kita sebagai pengguna internet dimudahkan dari berbagai hal. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, aktivitas kita tidak lepas dari yang namanya internet. Misalnya kita bisa belanja online dari kebutuhan sehari-hari. Hampir semua kebuutuhan yang ada, telah ada di toko online.

Maraknya toko online beberapa tahun belakangan ini, membuat kita sebagai pelanggan harus was-was untuk meminimalisir terjadainya penipuan. Sekitar 5 tahun belakangan memang banyak bermunculan toko online.

Namun yang perlu digaris bawahi adalah, dengan munculnya toko online tersebut, kita sebagai pembeli harus mewaspadai toko online. Jika ada yang mencurigakan, lebih baik kita tidak usah membeli barang tersebut demi keamanan. Sering dengar bukan, bahwa banyak yang terkena tipu oleh penjual online?

Untuk itu Ngawi Ramah akan memberikan beberapa tips, yang bisa diterapkan saat kita ingin berbelanja online. Apa saja sih? Yuk simak terus artiikel di bawah ini:

Cek Website Toko Online

Banyaknya toko online di internet membuat kita bingung antara toko online tersebut bagus atau tidak. Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengecek website toko online. Website toko online itu penting dan sangat mempengaruhi seseorang untuk percaya terhadap calon pembeli

Yang paling utama kita lihat adalah website tersebut memiliki domain sendiri, email. tercantum alamat lengkap, dan lain sebagainya.

Lakukan Riset

Cara alternatif kedua adalah melihat toko online tersebut. Apakah toko onlinennya benar-benar bagus dan tidak. Selain itu juga dilihat dari track record, bagaimana toko tersebut saaat berjualan.

Melakukan riet ini bisa kita lakukan juga dengan bertanya kpada teman atau orang lain. Langkah ini sangat efektif untuk mengetahui seluk beluk toko online.

Perhatikan Spesifikasi Produk

Misalnya saat kita ingin membeli kamera, hal yang harus dilakukan adalah dengan melihat spesifikasi barang. etelah itu kita lihat harga dan bandingkan dengan toko online lain. Jika harganya hampir sama, atau selisih dengan toko online lain tidak jauh, maka kita bisa membelinya.

Langkah ini bisa kita lakukan dengan mengecek spesifikasi detail dan lebih teliti, agar kita tdak tertipu dengan membeli barang palsu.

Jangan Sembarangan Memberi Informasi

Hal yang wajar saat kita ingin berbelanja online, akan diminta beberapa data seperti nama, nomor handphone, alamat, email, dan lain sebagainya. Namun terkadang terdapat toko online yang menginginkan data lebih dari kita. Oleh karena itu, kita sebagai calon pembeli harus lebih hati-hati dalam memberikan data.

Simpan Bukti Transaksi Kita

Hal yang paling penting dan jarang dilakukan oleh pembeli adalah dengan menyimpan bukti transaksi. Kita bisa menyimpan bukti transaksi mulai dari email dari penjual, serta hal-hal lai dari penjual.

Setelah bagus semua dan yakin dengan toko online tersebut, kita bisa membeli barang yang kita butuhkan. Misalnya kita ingin membeli kamera garmin, maka kita tinggal melihat spesifikasi dan harganya secara lengkap. Setelah itu lakukan pembayaran. Semoga denan langkah-langkah di atas, kita semua akan terhindar dari penipuan toko online yang nakal.

SHARE
Founder Setara Network | Blogger | Writer | Social Media Enthusiast