Namanya Zecurity. Sebuah band bergenre Melodic Punk asal Ngawi Barat tepatnya Walikukun. Mereka menamakan band itu tak ada sangkut pautnya dengan security (petugas keamanan – satpam red). Nama itu diambil karena para personilnya dulu masih di bangku kelas satu SMP. Mereka tak ambil pusing dengan nama itu.

Zecurity digawangi oleh Bima Kepel pada Bass + Vocal, Okhi pada Gitar + Vocal, dan terakhir Hasan pada Drum.

Band itu berdiri pada tahun 2007. Dari perjalanan panjang hingga hari ini, mereka sudah mengeluarkan single-single yang liriknya hampir semuanya bercerita tentang percintaan anak muda, selebihnya persahabatan. Nyleneh, sedikit kasar, sesekali musiknya menghentak-hentak dengan tempo cepat adalah ciri dari band ini. Single yang paling saya suka adalah yang berjudul Ending Party (Outro).

 

Berikut ini sedikit informasi yang saya dapat dari sang Gitaris sekaligus Vokalis, Okhi.

Hallo, kabar Zecurity terbaru gimana bro?

Baik mas. Hehehe

Boleh ceritakan awal mula berdirinya Zecurity kok namanya sedikit aneh.

Band ini dibuat oleh tiga anak punk dari kota Ngawi. Ahonk dan Okhi pada tahun 2007. Saat itu awalnya dari kami berdua yang iri dengan teman-teman yang punya hobi masing-masing. Setelah kami berdua bertemu dengan Bima dan karena saat itu kami sedang tergila-gila oleh band melodic punk yang bernama Endank Soekamti.

Sebelum formasi tetap saat ini, ada beberapa nama yang mengisi di lead guitar dan vocal namun mereka memutuskan untuk mengundurkan diri dari Zecurity karena masalah pekerjaan dan sekolah. Pada akhirnya ditetapkanlah tiga personil tersebut.

Setelah iseng-iseng karena sebelumnya kami juga berbakat dalam bermusik akhirnya kami terinspirasi dari band idola dan membuat sebuah band dengan nama Zecurity. Band ini bergenre Melodic Punk. Nama Zecurity sendiri terinspirasi saat dari pengalaman kami ngeband. Nama yang sedikit aneh.

Band ini mulai beranjak dari pangung ke panggung. Kami sering mengisi acara-acara di kota Ngawi. Awalnya memang banyak yang tidak menerima kami karena musik dan lirik lagu kami yang sedikit kasar dan jarang masuk akal. Sering membuat orang menganggapnya sebagai band yang kurang sopan. Tapi bagaimanapun inilah cara kami menyampaikan luapan emosi lewat lagu-lagu kami. Dan lama-kelamaan banyak yang menyukai lagu-lagu kami. Hingga muncul Zecuartes (sebutan untuk penggemar Zecurity) yang selalu meramaikan susasana di mana Zecurity ada. Zecurity mulai bikin “gempa lokal” saat dua hits lagunya Pergi dan I Hate You. Dan membuat band dari kota Ngawi ini mulai dikenal banyak orang. Dengan lagunya yang sedikit kasar, nyeleneh dan khas guyon (dalam bahasa Indonesia – Becanda) yang blak-blak’an. Kami bertiga berhasil membuat lagu-lagu melawan penindasan wanita. Hahaha

Untuk namanya kenapa Zecurity? Saya masih belum paham dengan kata itu. Apakah ada artinya?

Nggak ada sih. Karena memang waktu kita dulu ketika pilih nama band itu masih kelas satu SMP. Jadi belum ngerti atau paham dengan filosofi nama band. Dan intinya nama Zecurity itu tidak berarti apa-apa, tetapi kelak bisa berarti di mata orang.

Oke. Berarti Zecurity berkiblat kepada Endank Soekamti (ES)?

Iya mas, influence kita juga Endank Soekamti.

Gimana perkembangan Kamtis Family di Ngawi? (penggemar Endank Soekamti)

Kalau kehadiran Kamtis Family di Ngawi itu, wah keren sekali ya, karena dari dulu saya SMP, saya ini juga Kamtis family. Saya sering nonton ES dari panggung ke panggung. Dan bersyukur generasi Kamtis Family di Ngawi sekarang sangat baik ya, banyak yang tau tentang ES.

Kenapa memilih genre Melodic Punk? Sepertinya band-band di Ngawi lagi ngetrend Metal. Tidak ingin pindah genre?

Wah, kalau masalah genre kita sendiri dari kecil sudah terbiasa dengerin alunan melodic ya. Jadi kayak udah nyatu gitu. Hehehe. Dan kita tetep konsisten dengan genre kita melodic punk karena kita berfikir buat apa kita pindah genre kalau hanya ikut dengan apa yang lagi musim. Intinya selamanya kita gak bakal pindah genre. 😀

Saya sempet dengerin lagu-lagunya Zecurity, sepertinya kebanyakan bercerita tentang percintaan anak muda ya?

Bukan hanya percintaan sebenernya, tapi juga persahabatan, lingkungan pertemanan.

Tapi yang mencolok itu bro, kalau saya pahami. Seperti Pergi, Oktafia Vrida, Bekas Lonteku dan apalagi ya, lupa saya.

Hehehe iya, itu sebagian dari lagu kita mas. Dan nanti tanggal 25 Oktober kita bakal launching album pertama. Dan itu juga band melodic punk pertama dari Ngawi yang launching album. Hehehe koyok’e sih mas. Hehee

Wah launching album pertama ya, apa nama albumnya?

Di album pertama ini kita ambil tema “Mari Membodoh” tapi untuk kelanjutannya setelah launching kita bakal jelasin semua 😀 saat ini bocoran album kita bisa dilihat di youtube, link-nya juga bisa dilihat di Fanspage Facebook kita. Dan dalam video itu menceritakan semua tentang Zecurity, mulai dari proses rekaman, semua pendapat dari masing-masing personel tentang album pertamanya.

Mari Membodoh? Hmmm, bukannya enak Mari Bercinta Bro, dan Berapa lama ngerjain album itu?

Hehe kan lebih enaknya lihat video itu, nanti bisa nemuin jawaban kenapa memilih tema itu. Untuk pengerjaannya juga ada di video tersebut. Kita bikin dari part 1 – 3.

Apa temanya di album baru masih seperti dulu, cerita percintaan?

Di album baru ini, nggak jauh beda sama yang dulu. Karena memang ciri khas kita seperti itu ya. Hehehe

Saya lihat Zecurity penggemarnya semakin hari semakin banyak, saya terakhir lihat untuk Fanspage di Facebook sudah lebih dari 7.000. Bagaimana menyikapinya?

Amiin. Karena kita sendiri juga bingung, kita ini sebenernya apa adanya dalam bermain musik. Kita juga gak jago dalam skill. Tapi kita ya mencoba buat karya-karya yang bisa diterima dengan temen-temen semua. Kalau untuk fanspage itu bukan tolak ukur buat kita ya. Tapi kita tetep pengen, kelak fanspage kita bisa mencapai berjuta-juta. Hehehe namanya juga mimpi. 😀

Untuk lagu-lagu sebelumnya, di vocal sepertinya masih gantian ya (Bima + Okhi) ? untuk line-up aslinya bagaimana? Siapa yang vocal 1?

Kalau untuk di vocal saya sama Bima juga vocal. Saya di gitar + Vocal, Bima Kepel di Bass + Vocal, dan Hasan di Drum.

Berarti hampir mirip ES ya? Namun kalo di ES kan Dorry (gitaris ES) cuman backing vocal. Untuk vocal sepenuhnya pada Erix.

Ini juga sama persis dengan ES. Bima itu hampir vocal penuh, dan kalau saya cuma backing vocalnya. Bisa dilihat di lagu-lagu yang sudah keluar. Saya hanya ambil part nada tinggi 😀

Apa yang membedakan Zecurity dengan Endank Soekamti (ES)?

Walah apa ya, perbedaannya sih yang pasti dari segi musik ES tentunya lebih matang. Karena kita namanya ngidolain, itu pasti bakal susah nyamain sang idola. Tapi kita tidak terpaku pada satu sisi (ES). Maksudnya dalam bermusik kita juga banyakin referensi. Dan kalau Zecurity mungkin sekarang lagi merintis untuk menjadi band yang kelak seperti ES.

Pertanyaan personal, apa pendapatmu tentang melodic punk?

Waduh apa ya, melodic punk kalo menurut saya itu hanya genre musi. Karena saya juga tidak terlalu paham dengan pengertian seperti itu. Bagi saya dalam bermusik itu luas sekali. Jadi kalo melodic punk itu hanya sebuah genre dari sekian banyak genre yang ada. Hehehe maaf tidak begitu mengerti masalahnya.

Jam terbang Zecurity kan sudah tinggi, adakah hal yang paling berkesan selama main di gigs? Kenapa?

Banyak sekali ya, mungkin salah satunya dulu kita pernah main di Alun-alun Sragen acara Car Free Day (CFD) harusnya dari panitia CFD harus selesai jam 09 pagi. Karena ada kita, CFD selesai jam 11. Dan karena yang datang banyak anak-anak punk, tetiba ada polisi datang 1 compi buat ngamanin acara. Yang paling berkesan itu, baru kali ini acara CFD diamanin oleh polisi 1 compi. Hehehe

Menarik sepertinya. Apakah nanti akan tour setelah launching album?

Wah, pasti ya. Setiap band pasti ingin ngerasain yang namanya tour setelah launching. Pasti nanti kita agendakan setelah launching. Semoga terwujud.

Apa impian Zecurity?

Kita bisa jadi band nasional yang dikenal banyak orang dan pastinya menjadi icon kota Ngawi. Dan menjadi aset bagi Ngawi. Itu impian besar kita 😀

Terakhir nih bro, (karena saya sedang ada kerjaan sedikit di kantor). Rencana kedepan Zecurity apa? Selain release album bulan depan ini.

Hehe sama kan berarti untuk kedepannya pastinya kita lebih-lebih kreatif, agar teman-teman tidak bosan dengan karya kita. Dan pastinya selalu menanti kejutan apa aja yang bakal kita suguhkan buat kalian. 😀

Layak ditunggu bro. Terima kasih atas waktunya dan Semoga sukses untuk acara launching albumnya Oktober nanti ya.

Oke siapp. Matursuwunnn…

 

Informasi tambahan :

Untuk downlod lagu-lagunya bisa ke sini : Download Single

Fanspage Official : Zecurity

Situs Web     : Zecurity Melodic

CP                  : Okhi 0812 2570 7787 / 7D1AB6EA

 

oleh : Robit Mikrojul Huda

 

sumber gambar dari : Okhi

Link video pembuatan album “Mari Membodoh” part 1-3

 

SHARE
Founder Setara Network | Blogger | Writer | Social Media Enthusiast